Desain Landingpage Berkonversi Tinggi

Bagaimana membuat landingpage yang mampu menghasilkan konversi yang tinggi? Saat kita berbicara tentang landingpage, maka kita sedang berbicara sesuatu yang sangat luas. Kita akan bicara tentang desain, pemasaran, penelitian pengguna, psikologi dan bidang lain yang berhubungan dengan orang, perilaku mereka dan bagaimana menyelesaikan masalah mereka.

Apa itu Landingpage?

Meskipun sepertinya saya sudah pernah menulis pengertian landingpage, tapi disini kita akan menyinggung sedikit tentang pengertian landingpage ini.

Saya yakin sudah banyak yang tahu apa itu landingpage, tapi kali ini kita akan melihat dari sudut yang agak berbeda. Kita lihat dulu secara lebih luas! Landingpage pada dasarnya adalah istilah yang digunakan untuk analytics untuk menggambarkan halaman mana saja di mana pengguna memulai perjalanannya di sekitar situs kita. Dengan kata lain, di mana pengguna mendarat di situs web.

Namun, sekarang ini landingpage sering diartikan lebih spesifik. Landingpage lebih sering digunakan untuk mendefinisikan halaman web khusus yang dibuat untuk presentasi produk, layanan, fitur atau opsi tertentu sehingga pengunjung dapat memperoleh informasi yang diperlukan dengan cepat dan mudah tanpa terganggu.

Itulah sebabnya banyak yang mengatakan landingpage dalam banyak kasus jauh lebih efisien daripada hompage dalam hal kampanye pemasaran. Hompage website biasanya memiliki terlalu banyak opsi dan bisa menelusuri semua konten website untuk menemukan produk tertentu. Hal ini dapat mengalihkan perhatian pengguna dari membuat keputusan, kehilangan minat, atau bahkan merasa terganggu.

Apa itu Konversi & Mengapa Penting?

Saya yakin Anda sudah punya pandangan apa itu konversi. Konversi adalah berapa banyak oran membeli produk kita. Secara sederhana seperti itu. Tapi mari kita bicarakan lebih luas tentang konversi.

Dalam definisi umumnya, konversi berarti transformasi, dan tergantung pada bidang apa konversi ini diterapkan, ini akan digunakan untuk objek yang berbeda.

Awalnya dalam hal e-commerce, konversi adalah indeks yang menunjukkan berapa banyak pengunjung yang benar-benar melakukan apa yang kita harapkan di dalam landingpage, yaitu pembelian. Jadi, konversi e-commerce lebih ke mengubah pengunjung (pengguna) menjadi pembeli.

Namun, saat ini landingpage jauh melampaui e-commerce, oleh karena itu memahami konversi juga menjadi lebih luas. Sekarang konversi lebih tepat diartikan sebagai tingkat kasus ketika pengunjung melakukan tindakan yang diminta. Dan itu bukan hanya membeli sesuatu. Bisa jadi berupa tindakan berlangganan, mengunduh aplikasi atau file, atau bisa juga mengisi survey.

Konversi berarti bahwa landingpage kita mengubah pengguna pasif menjadi aktif. Mereka tidak hanya mengamati informasi yang diberikan, tetapi juga melakukan tindakan yang ditawarkan oleh landingpage kita. Jadi, konversi adalah salah satu indeks terpenting dari efisiensi landingpage yang vital untuk bisnis.

Landingpage difokuskan untuk menarik pengunjung dengan kinerja data dan mendorong mereka untuk melakukan tindakan yang dalam sebagian besar kasus merupakan bagian dari rencana bisnis.

Mengapa Perlu Landingpage?

Mari kita jawab pertanyaan ini dengan metafora kecil. Bayangkan, Anda akan mengunjungi, katakanlah, New York untuk berjalan-jalan di Manhattan. Anggap saja itulah impian hidup Anda. Kemudian Anda menemukan layanan yang menawarkan perjalanan ke New York dengan cepat dan murah. Bagus bukan?

Anda mengemas tas Anda, Anda mengisi kamera Anda, Anda bangun penuh kegembiraan karena impian hidup Anda akan menjadi nyata. Dan kemudian Anda dibawa oleh orang-orang luar biasa yang menawarkan realisasi impian Anda ke titik masuk Kota New York.

Tapi kemuidan mereka meninggalkan Anda di sana untuk menemukan Manhattan atau tempat lain yang Anda inginkan sendiri. Bagaimana perasaan Anda sekarang? Mungkin Anda tidak akan begitu bahagia setelah menempuh perjalanan keliling kota besar mencari tempat yang Anda inginkan. Anda adalah pendatang baru disitu, Anda tentu akan kesulitan bukan? Bukankah akan menyenangkan kalau dibawa langsung ke tujuan? Bukankah Anda sebagai pelanggan akan lebih bahagia untuk mencapai tujuan Anda lebih cepat dan lebih mudah? Tentu saja ya.

Itulah yang sebenarnya dilakukan oleh landingpage. Ketika seseorang melihat iklan Anda di Facebook atau Google, atau memperoleh informasi dari sumber luar tentang produk Anda, dan mengklik link ke landingpage Anda. Tentu saja, dia tidak ingin menghabiskan banyak waktu mencari produk atau halaman yang diinginkan di antara semua link dan informasi yang disediakan di hompage website Anda. Pengguna ingin “mendarat” langsung di tempat yang memungkinkannya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan secepat mungkin dan mendapatkan informasi yang cukup (tetapi tidak terlalu banyak) untuk mendukung proses pengambilan keputusan mereka. Jadi, membuat halaman arahan yang dipikirkan dengan matang sangat penting untuk memperkuat strategi pemasaran dan meningkatkan tingkat konversi.

Aspek Penting dari Landingpage yang Efisien

Analisis audiens target

Landingpage bukanlah sebuah seni murni, landingpage adalah bagian dari strategi promosi dan presentasi. Desainer dan advertiser yang mengerjakan landingpage harus ingat bahwa kampanye pemasaran apa pun berasal dari definisi tujuan dan target pemirsa. Jadi, landingpage harus dirancang sebagai jembatan virtual yang menghubungkan target pelanggan dengan produk atau layanan.

Untuk halaman web dengan tingkat konversi yang tinggi, keputusan desain harus didasarkan pada analisis preferensi, kemampuan, dan karakteristik audiens target.

Analisis pasar dan persaingan

Satu lagi aspek yang memerlukan waktu dan upaya cukup keras adalah analisis kompetisi. Landingpage sebenarnya merupakan bagian aktif dari proses pemasaran. Untuk itu, analisis pasar tidak dapat dihindari untuk hasil yang lebih baik. Dengan mengenal para pesaing, kita akan berusaha menciptakan ide-ide presentasi yang asli dan unik yang tidak akan ‘tenggelam’ di antara banyak produk dan layanan lainnya.

Copywriting

Keputusan tentang berapa banyak teks di copywriting yang digunakan pada landingpage harus menjadi aspek penelitian dan pengujian menyeluruh. Karena secara langsung ini sangat mempengaruhi konversi.

Namun, itu tidak berarti bahwa setiap landingpage harus mengandung minimal sekian kata. Jika landingpage menyajikan produk atau layanan perusahaan terkenal atau menginformasikan tentang penawaran khusus, terkadang copywriting yang pendek dan terkonsentrasi cukup untuk menarik pengunjung. Namun, jika yang disajikan adalah produk atau layanan baru yang tidak dikenal, penting untuk memberi pengguna informasi lebih lanjut yang membujuk mereka untuk mengikuti CTA.

Elemen branding

Jelas bahwa elemen-elemen branding seperti logo, warna dan tipografi, slogan, dan ciri-ciri identitas lainnya harus disajikan dengan kuat di landingpage. Hal ini akan memberikan hubungan yang kuat antara produk, layanan, atau aktivitas yang disajikan dengan identitas visual dan verbal perusahaan atau merek. Ini meningkatkan efisiensi strategi pemasaran umum.

Visual

Pada artikel Praktik Terbaik Memilih Gambar untuk Landingpage, saya mengatakan bahwa “Gambar lebih berbicara daripada kata-kata”. Sebagian besar pengguna secara alami adalah makhluk yang dikendalikan secara visual. Menggunakan grafik yang menarik dan informatif di halaman arahan memungkinkan pengguna untuk menangkap ide dan memahami halaman lebih cepat dan menghemat waktu mereka serta melibatkan persepsi estetika mereka.

USP dan CTA

Ini adalah dua kata ajaib untuk membuat halaman arahan menjadi efisien. USP (Unique Selling Point) adalah manfaat paling penting (atau serangkaian manfaat) yang bisa didapat orang dengan produk Anda. CTA (Call to Action) harus mendorong dan memungkinkan orang untuk menyadari konversi. Laman landas yang efektif dengan cepat memberi tahu pengguna tentang poin penjualan yang unik dan memberikan panggilan untuk bertindak yang nyata, jelas, dan mudah diakses.

Loading yang cepat

Saya suka website yang cepat, terkadang saya begitu terobsesi untuk membuat website super cepat. Itu sebabnya saya sering sekali berbicara tentang kecepatan loading website. Seperti di artikel Praktik Terbaik Memilih Gambar untuk Landingpage, 7 Tools Gratis Cek Kecepatan Website, dan di artikel 7 Tips Turunkan Bounce Rate Website.

Pengguna tidak suka kehilangan waktu, dan landingpage kita bukan hal yang mau mereka pertaruhkan demi waktu mereka. Jangan membuat pengunjung menunggu. Semua solusi desain harus dipikirkan dengan hati-hati untuk tidak membebani halaman terlalu lama.

Video presentasi

Presentasi video bisa menjadi cara yang sangat baik untuk menyajikan produk tanpa membuat pengguna membaca teks yang panjang. Video dapat membuat halaman lebih hidup dan menarik. Namun, ini akan bertentangan dengan aspek sebelumnya. Video memiliki dampak yang cukup besar pada waktu loading halaman. Jadi, berhati-hatilah dalam menggunakan video di landingpage Anda.

Desain mobile friendly

Sebagian rang menganggap responsif juga berarti mobile friendly, padahal tidak sama. Responsif belum tentu mobile friendly, mobile friendly sudah pasti responsif. Pastikan landingpage Anda benar-benar mobile friendly, karena pengguna mobile sekarang jauh lebih berkembang daripada pengguna desktop.

Terakhir! Uji Landingpage Anda

Meskipun kita merasa bahwa landingpage yang kita buat sudah sempurna, sayangya kita membuat landingpage bukan untuk diri kita sendiri, tapi untuk pengunjung kita. David Ogilvy mengatakan: “Kata terpenting dalam kosakata periklanan adalah TEST. Jangan pernah berhenti menguji, dan iklan Anda tidak akan pernah berhenti membaik.” Menguji landingpage memungkinkan untuk memahami perilaku pengguna dan memperbaiki solusi yang tidak efektif dan ramah pengguna.

Studi berdasarkan pengujian landingpage praktis membuktikan bahwa bahkan perubahan kecil seperti warna elemen CTA atau penempatan logo pada halaman, apalagi salinan judul dan CTA atau panjang blok salinan informatif umum, memiliki dampak besar pada tingkat konversi. Mengumpulkan data statistik dan analitik dan analisisnya yang cermat adalah cara yang baik untuk solusi desain yang efektif memberikan konversi dan penjualan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *