Cara Mengukur Keberhasilan Digital Marketing Campaign

Di era Digital Marketing, tidak hanya metrik yang terukur dan data analitik lainnya tersedia secara real time, kebutuhan untuk mengukur data ini sangat penting sebagai bukti keberhasilan. Dalam era bisnis yang terus berubah dan cepat, kebutuhan untuk mengukur kesuksesan Digital Marketing seefisien mungkin menjadi lebih penting daripada sebelumnya. Setiap alat atau platform Digital Marketing yang tersedia memiliki beberapa cara untuk mengukur keberhasilan yang tersedia melalui berbagai metrik yang dapat diperoleh pemilik bisnis.

Berikut ini 14 dari metrik yang terbukti paling penting untuk Digital Marketing Campaign anda. Metrik ini dikategorikan ke dalam tiga grup, sesuai dengan objek dari Digital Marketing Campaign:

Traffic Generation > Conversion > Revenue

A. Traffic Generation

Metrik ini sangat penting untuk Search Engine Optimazation ( SEO ) dan Pay-Per-Click ( PPC ) pada teknik Digital Marketing.

  • Overall Site Traffic

Perubahan signifikan dalam traffic situs anda dapat memberi anda informasi tentang seberapa efektif teknik Digital Marketing tertentu yang diterapkan efektif atau tidak. Saat mengukur lalu lintas situs, jangan hanya fokus atau mengandalkan tampilan halaman atau jumlah klik yang didapat situs web Anda, tetapi juga pada berapa banyak pengunjung unik yang didapat situs web Anda per minggu atau per bulan. Semakin unik pengunjung situs web anda, semakin besar peluang untuk mendapatkan pelanggan potensial.

  • Sumber Traffic

Mengetahui dari mana lalu lintas situs anda berasal dan set kata kunci tertentu apa yang membawa pengunjung ke situs anda, dapat memberi anda informasi tentang kata kunci atau frasa kata kunci mana yang harus anda fokuskan lebih pada Digital Marketing Campaign anda. Mesin pencari masih terbukti menjadi sumber utama lalu lintas situs menurut berbagai penelitian, tetapi anda juga dapat memanfaatkan sumber lalu lintas lain yang mungkin bermanfaat bagi bisnis anda.

  • Mobile Traffic

Internet Mobile terbukti menjadi arena pemasaran digital yang kuat karena semakin banyak orang di seluruh dunia mengakses internet melalui smartphone dan perangkat seluler berkemampuan internet lainnya. Ini patut mendapat perhatian lebih dari digital marketer karena ini dapat membuka pintu baru untuk sumber pendapatan yang lebih besar dan lebih beragam. Metrik ini juga dapat memberikan informasi tentang bagaimana pemilik bisnis dapat menyusun dan merencanakan konten mereka secara efektif – menghasilkan keterlibatan yang lebih baik dengan pengunjung situs web seluler dan non-seluler.

  • Click Through Rate ( CTR )

Cost-Per-Click (CPC) adalah sumber yang bagus untuk traffic bertarget dan dapat diukur secara efektif dengan mencari tahu jumlah klik yang diterima iklan CPC Anda berdasarkan jumlah total tayangan. Setiap kali iklan Anda dilihat, “impression” dibuat dan Click Through Rate ( CTR ) mengukur berapa banyak orang yang mengklik iklan anda. Semakin tinggi CTR, semakin baik Skor Kualitas anda, memungkinkan anda untuk menurunkan biaya CPC anda.

  • Cost Per Click ( CPC )

Cost-Per-Click menentukan berapa banyak anda akan membayar platform Search Engine Market setiap kali pengguna internet mengklik Iklan CPC anda. Nilai ini akan bervariasi tergantung pada seberapa populer kata kunci atau frasa kata kunci pilihan anda, skor kualitas anda yang dipengaruhi oleh Click Through Rates (CTR), dan harga standar yang awalnya ditentukan oleh mesin pencari. Anda dapat menetapkan anggaran CPC untuk kata kunci, frasa dan kategori kata kunci secara individu atau sekaligus.

B. Conversion Metrics

Mengubah traffic situs web menjadi prospek bisnis atau penjualan langsung adalah tujuan utama digital marketing campaign anda. Sasaran ini harus menjadi inti dari upaya digital marketing anda, dengan mengetahui informasi tentang metrik tertentu yang penting selama konversi.

  • Conversion Rate (CVR)

Mengukur berapa banyak pengunjung situs web yang benar-benar dikonversi menjadi Leads atau penjualan adalah metrik yang berharga dan nyata yang menentukan kesuksesan pemasaran digital anda. Apakah tujuan anda adalah untuk mengumpulkan informasi berharga tentang pengunjung situs web dan pelanggan potensial anda, atau mengonversi kunjungan situs menjadi penjualan, memantau Tarif Konversi Anda dapat memberi anda informasi yang luar biasa tentang aspek-aspek apa dalam kampanye pemasaran digital anda yang akan memberikan hasil terbaik.

  • Cost Per Lead (CPL)

Keberhasilan kampanye pemasaran digital tergantung pada seberapa baik situs web dan konten anda, mengubah traffic situs web menjadi leads atau membayar pelanggan dengan biaya seminimal mungkin. Cost Per Lead (CPL) adalah metrik yang menentukan rasio konversi timbal dari Campaign tertentu dan biaya yang sesuai, memberikan informasi kepada pemilik bisnis atau pemasar tentang seberapa menguntungkan Campaign mereka atau tidak.

  • Bounce Rate

Tidak semua traffic situs web ke situs anda dapat dikonversi menjadi leads atau penjualan, biasanya pengunjung akan berlama-lama di halaman web dan menikmati konten situs web anda. Pada beberapa kunjungan ini, pengunjung situs segera pergi atau “bounce” secepat mereka tiba – jika mereka menemukan konten anda tidak relevan dengan kebutuhan mereka. Mengetahui Bounce rate dapat memberi anda informasi tentang cara meningkatkan atau mengoptimalkan konten dengan lebih baik.


Baca juga :7 Tips Turunkan Bounce Rate Website
  • Tampilan Halaman Rata-Rata per Kunjungan

Mendorong traffic yang baik ke situs web anda adalah salah satu komponen terpenting dalam digital marketing campaign anda, dan seberapa baik anda dapat membujuk mereka untuk tetap lebih lama di halaman web anda dan mencerna konten Anda. Semakin banyak tampilan halaman yang dihasilkan dari setiap kunjungan, semakin banyak peluang keterlibatan dengan pengunjung situs web, yang akhirnya memengaruhi mereka untuk dikonversi menjadi leads atau penjualan.

  • Biaya Rata-Rata per Tampilan Halaman

Jumlah investasi yang dituangkan ke saluran pemasaran digital berbayar seperti CPC dapat dikontrol dengan mengetahui biaya rata-rata per tampilan halaman dan jumlah pendapatan yang dihasilkan dari halaman tertentu. Biaya per tampilan halaman anda harus jauh lebih rendah daripada pendapatan yang dapat anda hasilkan dari halaman, untuk mendapatkan keuntungan dari Campaign anda.

  • Waktu Rata-Rata di Situs

Anda dapat mengukur seberapa baik anda terlibat dengan pengunjung situs web yang ditargetkan dengan berapa lama rata-rata mereka bekunjung ke situs anda. Ini penting untuk mengukur konten apa yang relevan dan akan mendorong hasil dari pengunjung situs, mendapatkan kepercayaan mereka yang berharga, dan akhirnya meningkatkan tingkat kepercayaan, menjadi sesuatu yang akhirnya akan menarik mereka untuk mengonversi.

  • Tingkat Pengunjung yang Kembali

Popularitas situs web tidak hanya ditentukan oleh jumlah traffic yang dihasilkan situs anda, tetapi juga oleh tingkat mengembalikan pengunjung yang terus datang kembali untuk mencari tahu lebih banyak dari apa yang anda tunjukkan dengan konten anda. Mengetahui tingkat kembalinya pengunjung dapat memberi anda informasi tentang bagaimana anda dapat meningkatkan konten anda untuk memikat pengunjung situs yang belum mengonversi sebagai leads atau penjualan.

C. Revenue Metrics


Pada akhirnya, keberhasilan Digital Marketing Campaign anda dapat diukur baik dengan metrik pendapatan. Ini akan memberi tahu anda jika kampanye tertentu menguntungkan atau tidak, sehingga anda dapat membuat penyesuaian tentang bagaimana anda dapat meningkatkan konten anda yang lebih baik, konversi yang lebih tinggi, dan pendapatan yang lebih besar.

  • Pengembalian Investasi

Pengembalian Investasi dapat diukur dengan tepat oleh lalu lintas situs web yang akhirnya dikonversi menjadi leads dan penjualan. Metrik ini juga akan membantu anda mengidentifikasi area mana dalam Campaign pemasaran digital anda yang mendorong penjualan dan pendapatan, dan area mana yang harus diberi lebih banyak ruang untuk perbaikan.

  • Biaya untuk Memperoleh Pelanggan

Pengembalian Investasi diukur dengan jumlah pelanggan yang baru membayar untuk periode waktu tertentu. Di sisi lain, biaya untuk memperoleh pelanggan baru ini ditentukan dengan mendapatkan total biaya pemasaran dan iklan anda untuk jangka waktu tertentu, dibagi dengan berapa banyak pelanggan baru membayar yang dihasilkan selama periode yang sama. Meskipun perhitungan ini mungkin tidak sesempurna itu, biaya untuk Memperoleh Pelanggan dapat memberi anda informasi yang baik tentang seberapa efektif dan sukses Digital Marketing Campaign anda.

Sebagai catatan terakhir, penting untuk menegaskan kembali bahwa masing-masing metrik yang dijelaskan di atas adalah indikator yang baik tentang seberapa sukses upaya pemasaran digital anda. Masing-masing berfokus pada area dan tahap tertentu dalam kampanye pemasaran digital anda, jadi akan lebih baik jika menggunakan alat-alat ini secara keseluruhan. Kuncinya di sini adalah memanfaatkan data yang dapat anda ekstrak dari metrik ini, memberi anda kesempatan untuk mengidentifikasi komponen pemasaran digital mana yang berfungsi dan mana yang tidak – memungkinkan anda untuk melakukan perbaikan dan membangun Campaign Digital Marketing lebih baik dan lebih menguntungkan.

Sumber : Digital Marketing Philippines

Penerjemah : Admin KM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *