Cara Datangkan Traffic Website Berkualitas

Memiliki website yang ramai pengunjung tentu menjadi dambaan semua pemilik website atau pebisnis online yang memiliki website. Tak heran jika berbagai cara dilakukan untuk mendatangkan traffic sebanyak-banyaknya. Namun, traffic yang banyak saja tidak cukup, website kita butuh traffic yang juga berkualitas. Nah, pertanyaannya sekarang, bagaimana cara cepat mendatangkan traffic yang banyak dan juga berkualitas?

Mendatangkan traffic ke website itu mudah! Kita bisa posting secara rutin di social media seperti grup Facebook atau di akun pribadi kita. Tapi tentu ini sangat melelahkan. Dan lebih dari itu, kita tidak mendapatkan traffic berkualitas yang benar-benar bisa menghasilkan konversi.

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara cepat mendatangkan traffic website yang berkualitas. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk mendatangkan banyak traffic berkualitas? Simak sampai habis.

SEO (Search Engine Optimization)

Pasti sudah pernah mendengar istilah yang satu ini bukan? Ya, SEO dikenal sebagai cara mengoptimasi website kita agar bisa tampil di halaman pertama di mesin pencari seperti google, yahoo, ataupun bing.

Secara umum, SEO dibagi menjadi dua, yaitu SEO On-Page dan SEO Off-Page. Maksudnya seperti apa, kita bahas secara singkat saja.

SEO On-Page

SEO On-page adalah teknik optimasi website yang mengacu pada faktor-faktor yang berpengaruh pada halaman situs dalam pencarian organik di search engine. Faktor-faktor ini dikendalikan oleh kita sebagai pemilik website. Biasaya kita bisa melakukannya dengan menambahkan script tambahan di kode-kode pemrograman yang terdapat pada halaman blog ataupun website kita. Bisa juga dengan menambahkan keyword sesuai kaidah SEO di dalam artikel kita.

Contoh optimasi SEO on-page pada website termasuk menambahkan meta tag di kode HTML, penempatan kata kunci dan kepadatan kata kunci pada artikel kita.

SEO Off-Page

Optimasi SEO Off-Page mempunyai pengaruh paling besar terhadap kesuksesan suatu blog dalam upaya mendapatkan posisi teratas di hasil pencarian. Jika sebelumnya SEO on-page adalah teknik optimasi yang dilakukan di dalam website, maka SEO off-page adalah kebalikannya. Yaitu optimasi SEO yang dilakukan di luar situs website kita.

Teknik yang paling umum dilakukan dalam optimasi SEO off-page adalah dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya Backlink/ tautan balik dalam hal ini mengupayakan link masuk dari luar situs yang memiliki tingkat authority atau tingkat influencnya lebih tinggi dan mengarah ke dalam situs/ blog yang akan di optimasi.

Traffic Berbayar

Meskipun SEO cukup penting dalam mendatangkan traffic website, tapi SEO bukanlah sesuatu yang mudah. Butuh kesabaran, waktu dan tentunya uang dan tenaga yang tidak sedikit. Nah, sebagai alternatif, kita bisa menggunakan traffic berbayar.

Traffic berbayar disini maksudnya adalah kita pasang iklan di platform periklanan. Dan yang paling populer saat ini ada 2, yaitu Facebook Ads dan Google Ads (dulu bernama Google Adwords).

Dengan menggunakan Facebook Ads dan Google Ads, kita bisa benar-benar menargetan orang-orang yang memang tertarik dan membutuhkan informasi dari website kita. Di Kampung Marketer sendiri kami menggunakan Facebook Ads dan Google Ads sebagai platform marketing kami. Jika Anda tertarik untuk belajar Facebook dan Google Ads, Anda bisa mengikuti Program Wisata Edukasi Kampung Marketer.

Influencer Marketing

Pengertian sederhananya adalah melakukan pemasaran dengan bantuan para influencer. Influencer marketing saat ini sedang naik daun dan cukup efektif untuk mendatangkan traffic website.

Tidak hanya itu, karena influencer marketing umumnya berbasis sosial media, ternyata bisa juga untuk membangun awareness. Sehingga dengan satu cara saja ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Kesimpulan

Nah, itu dia 3 hal yang bisa mendatangkan traffic berkualitas ke website kita. Kenapa dikatakan berkualitas? Pertama SEO, sudah pasti ketika menggunakan teknik ini, orang-orang yang berkunjung pasti mereka yang mencari keyword yang kita targetkan di mesin pencari Google.

Lalu Facebook Ads dan Google Ads. Di dalam Facebook dan Google Ads kita bisa menargetkan orang-orang yang memang sesuai dengan bisnis kita. Misal kita bisa menargetkan usia, gender, tempat tinggal, tanggal lahir bahkan apa-apa saja yang disukai oleh target kita.

Sedangkan Influencer Marketing, mereka biasanya sudah memiliki subscriber atau pengikut yang memang tertarik dengan apa yang dibahas oleh sang influencer marketing tersebut.

Mana yang terbaik tentu anggapan orang berbeda-beda. Namun, kami di Kampung Marketer lebih sering menggunakan iklan berbayar seperti Google Ads dan Facebook Ads. Tentu, kami juga mengoptimalkan teknik SEO untuk mendukung iklan berbayar tersebut.

Jika Anda adalah seorang pebisnis yang ingin mengembangkan bisnis onlinenya tapi masih belum maksimal, Anda bisa memberdayakan SDM Advertiser di Kampung Marketer. Advertiser di Kampung Marketer tidak hanya dilatih tentang Digital Marketing seperti Facebook Ads dan Google Ads, tapi juga bagaimana mengelola website dan optimasinya, termasuk optimasi SEO dan juga kecepatan website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *