200 Faktor Penentu Peringkat Google: #1 Faktor Domain

Search Engine Optimization atau biasa disingkat SEO merupakan sebuah seni tentang berbagai upaya yang kita lakukan agar website kita bisa tampil di posisi teratas hasil pencarian mesin pencari sepeti Google. Karena mesin pencari yang paling banyak digunakan saat ini adalah Google, mari kita buat kesepakatan! Ketika saya menyebutkan Google, itu berarti saya menyebut mesin pencari secara luas, termasuk Yahoo!, Bing dan sebagainya. Karena pada dasarnya, mereka memiliki algoritma yang tidak jauh berbeda.

Berbicara tentang SEO, Anda mungkin sudah mengetahui bahwa Google menggunakan lebih dari 200 faktor dalam algoritma mereka untuk menentukan peringkat suatu website. Tapi apa saja itu?

Nah, di artikel ini, kami sudah mengumpulkan 200 faktor yang mempengaruhi SEO tersebut. Beberapa terbukti. Ada yang kontroversial. Lainnya adalah spekulasi para pegiat SEO. Tapi semua itu ada di sini. Dan kami baru saja memperbarui seluruh daftar ini untuk tahun 2019.

Namun, pada artikel ini kita akan fokus pada faktor domain. Pada faktor domain ini, setidaknya ada 10 faktor yang mempengaruhi peringkat website kita di hasil pencarian Google. Apa saja itu?

Mari kita mulai…

200 Faktor Penentu Peringkat Google (Update 2019)

Mengingat jumlah yang cukup banyak, kita akan membagi faktor-faktor penentu SEO ini menjadi beberapa garis besar. Faktor Domain, Faktor Tingkat Halaman, Faktor Tingkat Situs, Faktor Backlink, dan… Baca saja lengkapnya…

Dan seperti kami katakan sebelumnya, kali ini kita akan fokus pada faktor domain. Sementara untuk faktor-faktor lain akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Faktor Domain

1. Usia Domain

Beberapa orang menyebutkan usia domain bisa mempengaruhi rangking website kita di Google. Google Matt Cutts menyatakan bahwa:

“Perbedaan antara domain yang berusia enam bulan versus satu tahun benar-benar tidak besar sama sekali.”

Matt Cutts

Dengan kata lain, mereka lakukan menggunakan usia domain… tapi itu tidak terlalu penting.

2. Keyword Muncul di Top Level Domain

Ini tidak memberikan dampak yang besar seperti dulu. Tetapi memiliki kata kunci di domain Anda masih bertindak sebagai sinyal relevansi.

3. Kata Kunci di Dalam Domain

Sebuah domain yang dimulai dengan kata kunci target mereka memiliki keunggulan atas situs-situs yang tidak memiliki kata kunci dalam domain mereka (atau memiliki kata kunci di tengah atau akhir domain mereka).

Baca juga: Cara Datangkan Traffic Website Berkualitas

4. Panjang Pendaftaran Domain

Google menyatakan:

“Domain yang merupakan domain utama (sah) sering dibayar untuk beberapa tahun sebelumnya, sementara domain doorway (tidak sah) jarang digunakan selama lebih dari satu tahun. Oleh karena itu, tanggal ketika domain kedaluwarsa di masa mendatang dapat digunakan sebagai faktor dalam memprediksi keabsahan domain.”

Domain doorway adalah domain yang menggunakan kata kunci, kemudian domain tersebut diarahkan ke domain utama yang menjadi domain utama website kita.

5. Keyword Pada Subdomain

Panel pakar Moz setuju bahwa kata kunci yang muncul di subdomain dapat meningkatkan peringkat sebuah website di hasil pencarian Google.

6. Riwayat Domain

Sebuah situs dengan kepemilikan yang mudah berubah atau beberapa tetes dapat memberitahu Google untuk “mengatur ulang” riwayat situs, meniadakan tautan yang menunjuk ke domain. Atau, dalam kasus tertentu, domain yang dihukum dapat membawa penalti ke pemilik baru.

7. Exact Match Domain

EMD atau Exact Match Domain bisa diartikan bahwa keyword yang kita targetkan semuanya kita masukkan di dalam nama domain. EMD akan cukup membantu website Anda untuk tapmil di posisi teratas dari keyword yang Anda bidik. Tapi jika Anda menggunakan EMD pada website dengan kualitas rendah, maka waspadalah pada EMD update.

8. Whois Publik vs Privat

Informasi Whois domain yang bersifat privat, itu berarti ada sesuatu yang disembunyikan. Google Matt Cutts mengatakan:

“Ketika saya memeriksa whois mereka, mereka memiliki layanan proteksi whois pada domain mereka. Ini relatif tidak biasa. Mengaktifkan privasi whois tidak otomatis seusatu yang buruk, tapi itu akan sedikit berpengaruh pada peringkat website Anda”.

9. Penalti Whois

Jika Google mengidentifikasi orang tertentu sebagai spammer, masuk akal jika mereka akan memeriksa situs-situs lain yang dimiliki orang tersebut.

10. Ekstensi TLD Negara

Menggunakan Country Top Level Domain (cTLD) seperti .id; .my; .us bisa membantu rangking website Anda untuk negara tertentu. Tapi dapat membatasi kemampuan situs untuk memenangkan peringkat secara global.

Kesimpulan

Itu dia 10 faktor yang mempengaruhi SEO dari segi domain. Dari sepuluh faktor tersebut tentu ada yang cukup signigikan berpengaruh, dan ada yang tidak terlalu berpengaruh. Semua kembali bagaimana Anda menyikapi informasi ini.

Pada artikel selanjutnya, kita akan melanjutkan tentang 200 Faktor Penentu Peringkat Google ini dari segi Faktor Peringkat Halaman (Page-Level Factors) dan Faktor Peringkat Situs (Site-Level Factors). Jadi agar tidak ketinggalan lanjutan dari materi ini, silakan Anda bisa like fans page Kampung Marekter. Disana Anda akan mendapat update dari setiap artikel dan berita lain seputar digital marketing dan tentunya informasi terbaru dari Kampung Marketer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *